News Hitz

CoHive & Tradisi Guyub di Yogyakarta

Penyedia ruang kerja bersama (coworking space) terbesar di Indonesia, CoHive — sebelumnya bernama COCOWORK dan EV Hive –kembali memperlebar sayap.

Setelah Jakarta dan Medan, CoHive segera hadir di Daerah Istimewa Yogyakarta. Direncanakan, coworking space yang merupakan lokasi ke 23 itu akan berlokasi di Hartono Mall tepatnya di Lantai 3, mulai beroperasi pada Februari 2019. Namun, Mulai 22 November 2018 lalu, CoHive menggelar soft launching.

Kegiatan soft launching sudah terasa menariknya. Diawali dengan menggelar diskusi membahas ‘How To Be More Productive in a Coworking Space’ dengan pembicara penulis Bernard Batubara (Benzbara), Community Builder Danabijak Tammy Benjamin dan CEO juga Co-Founder CoHive Carlson Lau.

Mengenai diskusi sekaligus Media and Community Gathering yang berlangsung di kota palajar Yogyakarta sebagai lokasi baru, pun dianggap memiliki banyak potensi untuk saling rangkul dalam melakukan kolaborasi dan tumbuh bersama.
“Image sebagai kota pendidikan yang diisi oleh individu yang gemar belajar dan memiliki talenta, kami anggap sebagai peluang untuk tumbuh bersama,” kata Carlson Lau.

CoHive juga menilai Masyarakat kota Yogyakarta dikenal memiliki semangat ‘guyub’ yang dalam bahasa Indonesia dapat diartikan berkelompok, berkumpul atau pun berkolaborasi. Ini juga menjadi alasan pemilihan Yogyakarta untuk membuka coworking space.

Terkait alasan pemilihan lokasi di dalam Mall, yang pertama bagi lokasi CoHive di Indonesia, dianggap strategis dan dekat dengan anak-anak muda. Menjadi harapan, kehadiran CoHive di Yogyakarta berupaya memfasilitasi startup, UMKM, komunitas kreatif dan freelancer yang dewasa ini keberadaannya kian menjamur di Kota Pelajar.

Catatan tersendiri untuk CoHive. Hingga tahun 2018, memiliki lebih dari 5.000 anggota yang terdiri dari 50 perusahaan. Sekitar 80 persen di antaranya adalah startup di bidang teknologi, HR, logistik dan e-commerce dan 20 persen adalah perusahaan tradisional di bidang agency, Food and Beverages dan manufaktur.

CoHive juga telah mengembangkan bisnisnya bukan hanya di coworking space, tetapi juga menyediakan coliving dan retail.

Rencana tahun 2019 CoHive ekspansi ke kota-kota lain, di antaranya Bali, Bandung dan Makassar. Dam pada akhir tahun 2019 direncanakan CoHive memiliki total 40 lokasi yang tersebar di Indonesia.

Dyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *