News Hitz

Perdana Di Indonesia : Kompetisi Desain Kelas Dunia

Untuk pertama kalinya Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan kompetisi desain bergengsi kelas dunia, KOHLER Bold Design Awards (KBDA). Catatan menawan, sebanyak 11 desainer arsiektur properti terpilih sebagai Pemenang.

 

Bertujuan untuk mengangkat potensi arsitektur dan desain properti Indonesia, sehingga bisa disandingkan di tingkat global, KOHLER Bold Design Awards (KBDA).

Acara persembahan KOHLER, salah satu perusahaan swasta terbesar di Amerika — berdiri tahun tahun 1873 — dalam pembuatan produk-produk dapur dan kamar mandi; mesin dan sistem tenaga; lemari kabinet dan ubin;, ini merupakan puncak persiapan panjang yang dimulai pada awal 2017.

Perjalanan sepanjang 1 tahun, tepatnya September 2018, kompetisi ini ditaburi 240 karya yang memenuhi syarat dari lebih dari 300 total karya yang masuk dari desainer-desainer di seluruh Indonesia. Untuk selanjutnya, siap bersaing untuk berbagai kategori penghargaan.

Terkait menyaring Pemenang, sebuah tim dengan pengalaman kelas dunia, terdiri dari para profesional desain Internasional dan Indonesia, yang mencakup seluruh bidang properti seperti apartemen mewah, villa, bandara Internasional, toko-toko ritel brand ternama, dan hotel-hotel mewah, didaulat untuk menilai ratusan peserta KBDA.

Berjumlah 5 arsitek dan desainer Internasional dan Indonesia — Alexandra Champalimaud, pendiri studio Champalimaud berbasis di New York; Tony Chi, pendiri studio tonychi berbasis di New York, Hidajat Endramukti, pendiri dan principal dari Budipradono Architects, Andra Matin, pendiri andramatin dan dan Faried Masdoeki, Direktur Desain di Hadiprana — mengevaluasi dan memilih proyek dan arsitek yang paling luar biasa.
Lebih dari itu, desain properti di Indonesia menunjukkan keanekaragaman dan variasi yang tidak terduga. Karakteristik ini telah menjadi elemen mendasar dalam arsitektur modern Tanah Air, yang pada akhirnya menciptakan karya-karya arsitektur yang inovatif dan mendorong desainer lokal untuk berani tampil beda.

Atas diselenggarakannya KBDA, Larry Yuen, Group President Kitchen & Bath, Kohler Co, di acara anugerah yang dikemas dalam gala dinner, berlangsung di Bali Room, Hotel Indonesia Kempinski – Jakarta, pada Jumat, Maret 2019 lalu, menyampaikan,”Kami berharap kompetisi KOHLER Bold Design Awards mampu mempromosikan desain properti Indonesia ke tingkat global. Kami juga ingin memperkuat posisi KOHLER sebagai brand yang kuat di industri A&D dan di antara komunitas pengembang di Indonesia.”

Di tempat yang sama, David Kohler, CEO, Kohler Co. mengatakan, “KOHLER percaya pada kekuatan transformatif industri desain untuk sektor perumahan dan komersial, serta pentingnya desainer dalam membentuk sejarah Asia. Kami berharap dapat mengakreditasi para desainer luar biasa ini dengan menyediakan suatu platform bagi mereka untuk memfasilitasi dan membagikan karya-karya dan proyek yang luar biasa tersebut ke seluruh wilayah Asia Pasifik.”

[]Andriza Hamzah
Photo : Dok. Bening Communication

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *