News Hitz

Manfaat Berlipat Mengajak Anak Berkebun

Mendorong anak-anak untuk mencintai tanaman sejak kecil, merupakan salah satu tujuan Taman Buah Mekarsari saat mengusung program Balita Berkebun yang diselenggarakan pada bulan Maret 2020.  Selain itu, diharapkan Anak juga menjadi lebih sehat dan membangun sisi pengetahuan mereka sejak kecil. 

Program “Balita Berkebun”, dikatakan oleh Firman Setiawan, Marketing Communication Taman Buah Mekarsari,  ditujukan untuk pengunjung regular, dan Jadi tidak perlu dalam grup. Dan, program ini tidak sebatas untuk Balita, tetapi  orangtua juga bisa ikut menyertai.

“Setelah Balita beserta orangtua sudah membeli tiket, langsung masuk ke area sayuran tomat dan cabe,  di Pertanian Terpadu, untuk berkegiatan. Di sini, Balita  melakukan penanaman tanaman dan hasilnya bisa dibawa pulang,”  kata Firman Setiawan  saat ditemui di Area d’Farm Taman Buah Mekarsari, Bogor, Selasa (17/3/2020). 

Firman Setiawan menambahkan penjelasannya, bahwa  pemilihan sayuran sebagai tanaman untuk program “Balita Berkebun” adalah karena tanaman ini termasuk gampang untuk ditanam dan tidak cepat layu. Proses penanaman dan edukasi, juga  hanya sekitar 20 menit. Untuk selanjutnya,  tanaman bisa dibawa pulang dan perawatan bisa dilanjutkan di rumah. 

“Dengan program “Balita Berkebun” ini, kita mencoba mengajak anak-anak untuk terbiasa bersentuhan langsung dengan alam. Kita mau mengajak anak-anak, untuk merasakan bahwa bermain di alam juga menyenangkan. Jadi mereka tidak hanya terpaku pada gadget,” urainya. 

Selain itu, dengan memberikan edukasi dalam bahasa yang dimengerti oleh anak seusai tersebut, sama saja dengan mendorong sisi pengetahuan mereka untuk berkembang sejak dini. 

“Beberapa literatur juga menyebutkan bahwa bermain di ruang terbuka hijau, bersentuhan dengan tanah, bisa membantu sistem kekebalan tubuh anak. Sehingga bisa dapat keuntungan berlipat, bisa fun, sehat dan dapat edukasi. Jadi dengan cara sederhana, bisa mendapatkan banyak manfaat. Bisa saya sampaikan,  mengikuti program ini bisa mendatangkan banyak manfaat,” ujarnya lebih lanjut. 

Tambahnya,”Berkebun juga sebagai salah satu cara untuk menurunkan tingkat stres.”. 

[]Natasha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *