News Hitz

Ajakan KADIN : “Ayo Saling Peduli”

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia melalui Yayasan Kemanusiaan Kadin Indonesia meluncurkan program “Ayo Saling Peduli”.

Program yang diluncurkan, ini sebagai upaya meringankan beban masyarakat dan menghidupkan kegiatan ekonomi para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang berjualan sembako secara online dengan melibatkan partisipasi seluruh masyarakat.

“Pesebaran Covid-19 di Indonesia kian meluas, sementara dampak virus ini sangat besar, bukan hanya aspek kesehatan tetapi juga sosial dan ekonomi,” ungkap Ketua Umum Kadin Indonesia yang juga merupakan Ketua Yayasan Kemanusiaan Kadin Indonesia, Rosan P. Roeslani, di Jakarta (17/4/2020).

Seperti diketahui, saat ini Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang disetujui berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan (Kepmenkes) Nomor HK.01.07/Menkes/239/2020 tertanggal 7 April 2020 berlaku hingga masa inkubasi terpanjang sehingga mengharuskan adanya pembatasan aktivitas sosial ekonomi.

Dampak terbesar dari PSBB ini sangat dirasakan oleh para pekerja informal, dan kondisi ini tentu juga berdampak terhadap 3,79 juta UMKM yang sudah memanfaatkan platform online dalam memasarkan produknya.

Menghadapi kondisi itu, kata Rosan, Yayasan Kemanusiaan Kadin Indonesia terpanggil untuk meringankan beban saudara-saudara yang membutuhkan. “Kami akan melibatkan partisipasi teman-teman UMKM Kadin dan seluruh masyarakat untuk menyalurkan donasi,” katanya.

Lebih lanjut Rosan mengatakan, seluruh masyarakat dapat membantu orang-orang disekitarnya dengan cara membeli 1 paket sembako yang terdiri dari beras, ayam, minyak goreng dan sarden senilai Rp. 130 ribu, dan Kadin akan menambahkan 1 paket yang sama kepada orang yang menerima donasi. 

Menurutnya, program “Ayo Saling Peduli” juga dibuat dalam rangka menyambut Bulan Ramadan dan dengan partisipasi seluruh masyarakat diharapkan program ini bisa berbagi kebahagiaan ke saudara-saudara kita yang menjalankan ibadah puasa dan menjadi momentum untuk menabur kebaikan dan menebar semangat kebersamaan.

Syarat dan ketentuan Program “Ayo Saling Peduli” antara lain, ditujukan untuk semua masyarakat Indonesia yang membutuhkan bantuan, pemberi donasi berupa pembelian paket hanya dapat melakukan 1 kali pembelian paket sembako, penerima donasi atau penerima bantuan hanya dapat 1 kali direkomendasikan atau menerima paket sembako, pengiriman paket sembako mulai dilakukan pada 20 April 2020. 

Selain berdonasi sembako melalui kanal www.kadin.id/ayosalingpeduli.

[]Dian Mart

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *