Health Techno

Deteksi Dini Kanker Payudara, YKI Hadirkan Mesin Mamografi Terbaru

Deteksi dini kanker payudara sangatlah penting agar kanker dapat terdeteksi secepat mungkin untuk meningkatkan kesembuhan dan kualitas hidup yang lebih baik. Terlebih, menurut  data GLOBOCAN 2020, terdapat 65.858 kasus baru kanker payudara atau 30.8% dari kejadian kanker pada wanita di Indonesia.

Juga diperjelas oleh  Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia, Prof. DR. dr. Aru Wisaksono Sudoyo, SpPD-KHOM, FINASIM, FACP,  “Dengan menimbang kasus baru kanker payudara yang sangat tinggi di Indonesia,”kami mendorong dilakukannya deteksi dini kanker payudara secara proaktif dan rutin oleh kaum wanita.”

Sejalan dengan misi akan pentingnya deteksi dini kanker payudara, Yayasan Kanker Indonesia (YKI), tepatnya diawal bulan Juli 2021, ini mengumumkan telah menginstalasi mesin mamografi terbaru, Mammomat Revelation, untuk memberikan pelayanan deteksi dini yang lebih baik bagi masyarakat.

“YKI sangat senang dengan adanya mesin mamografi terbaru untuk meningkatkan pelayanan deteksi dini kanker payudara bagi masyarakat. Hal ini sangatlah penting di mana deteksi dini dapat meningkatkan keberhasilan perawatan kanker payudara pada stadium awal dan sebagai strategi kesehatan masyarakat yang sangat penting,” ujar Prof.  Aru Sudoyo.

Mesin mamografi terbaru YKI telah mendapatkan izin penggunaan melalui Keputusan Kepala Badan Pengawas Tenaga Nuklir tentang Izin Pemanfaatan Tenaga Nuklir Penggunaan Sumber Radiasi Pengion Dalam Radiologi Diagnostik dan Intervensional untuk Mamografi, ini  merupakan donasi yang terkumpul dari pelanggan Indomaret.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesarnya kepada segenap pelanggan Indomaret bahwa dana yang terkumpul telah disumbangkan untuk pengadaan mesin mamografi bagi YKI sebagai upaya penanggulangan kanker di Indonesia melalui deteksi dini,” ucap Prof. Aru.

Dapat dirincikan, mesin Mamografi hadir dengan fitur canggih yang memungkinkan pemindaian dengan sudut lebar 500, sehingga memungkinkan pendeteksian kanker yang sangat akurat dan diagnosis yang andal. Tomosintesis Sudut Lebar 500 membantu pantauan dengan resolusi yang lebih dalam hingga 3,5 kali lebih tinggi dibandingkan dengan sudut sempit serta dengan deteksi massa yang lebih akurat dan lebih cepat. 

Mesin mamografi ini juga mempertimbangkan kecemasan pasien dan perlunya penanganan secara individu dalam perawatan payudara dengan Personalized Soft Compression atau tekanan lembut sesuai kondisi pasien untuk membantu mengurangi ketidaknyamanan selama skrining.

Kelengakapan  Insight Breast Density atau pemindaian densitas payudara pada mesin mamografi, ini  dapat mengelompokkan risiko secara langsung sehingga membantu pengambilan keputusan yang tepat untuk langkah selanjutnya.

dr. Rebecca Angka, M.Biomed, Kepala Klinik YKI Lebak Bulus mengatakan, “Keberadaan mesin mamogarfi baru kami dengan fitur yang canggih memudahkan kami mendapatkan kualitas gambar yang tinggi, lebih rinci dan tepat, menghindari pemindaian ulang, sehingga pasien dapat lebih tenang dan santai saat dilakukan skrining”.

“Mesin mamografi dengan teknologi terkini merupakan langkah maju Klinik YKI dalam menyediakan pasien dengan layanan deteksi kanker payudara dan informasi kesehatan pasien secara lebih baik.” jelas dr. Rebecca Angka.

Deteksi dini kanker payudara dengan mamografi direkomendasikan bagi wanita di atas 40 tahun dan dilakukan secara rutin setahun sekali. “Hal ini sebagai langkah pencegahan dan penanganan kanker secara dini, semoga dengan fasilitas baru kami akan menambah minat masyarakat melakukan deteksi dini dan mencegah kanker payudara stadium lanjut,” ujar dr. Rebecca Angka.

Guna memudahkan pasien, Klinik Yayasan Kanker Indonesia Lebak Bulus berlokasi di Jl. Lebak Bulus Tengah No. 9, Cilandak Barat, Jakarta Selatan, membuka layanan deteksi dini kanker payudara setiap hari dengan perjanjian melalui telepon 021 750 7447 atau 021 7690704, dan buka Senin s/d Jumat pukul 11:00 sampai 14:00 WIB. 

[]Andriza Hamzah Bahan tulisan & Photo : YKI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *