Music

Musisi Indonesia Pilihan AmPm “Kelinci”, Siapa Lagi ?

Berhasil merebut perhatian hingga banyak memiliki penggemar dan penikmat musik di Indonesia. AmPm, duo seniman musik asal Jepang, yang mulai berkarya pada tahun 2017, tak lepas lancar berkolaborasi dengan DJ,  Komposer dan Produser Tanah Air,  Dipha Barus.

Menarik dari AmPM, selain melantun, disertai memiliki ciri dalam penampilan, yang sangat menarik  perhatian dengan  selalu mengenakan topeng. Inspirasi AmPm menggunakan topeng, ini muncul setelah menonton sebuah pertunjukan di New York yang berjudul “Sleep No More”. Dan topeng AmPm tidak selalu topeng kelinci.

Mengapa topeng AmPm menampilkan bentuk kelinci ?  Karena   sedang senang menggunakan topeng kelinci, yang  di kemudian hari, ada kemungkinan bentuk topeng akan berubah lagi, mengambil inspirasi dari binatang lain di kebun binatang.

“Awalnya, kami menggunakan topeng berbentuk beruang kutub. Tapi, setelah kami debut dan berkeliling Dunia, topeng yang kami kenakan berubah-ubah. Sampai akhirnya sekarang menggunakan topeng kelinci. Mungkin di masa mendatang, kami akan mengubahnya menjadi topeng lainnya. Inspirasi visual kami biasanya datang dari alam. Entah itu binatang atau tumbuhan. Ini bisa dilihat dari video klip dan juga topeng yang kami pilih,” ujar AmPM.

Kisah pertemuan kedua anggota AmPm, tak kalah menarik, Mereka justru di Dunia fashion di mana salah satu anggota bekerja di butik fesyen dan yang adalah pelanggannya.

“Kami bertemu di sebuah acara. Pada saat itu, kita belum bekerja sama. Hanya saling mendukung satu sama lain setiap kali ada proyek. Dari sana, akhirnya kami membuat sebuah Perusahaan dan menciptakan lagu, “Best Part of Us”, yang diperuntukan sebagai musik konsep Perusahaan. Respon publik terhadap lagu ini, terbilang  bagus. Akhirnya, kami putuskan untuk debut sebagai artis dan lahirlah AmPm. Padahal, memulai debut menjadi artis, sebenarnya kami  tidak pernah terpikir. Tapi dari situlah awal mulanya. Proyek AmPm dimulai pada 2015. Kami mulai memikirkan konsep apa yang akan dikeluarkan, bahkan topeng apa yang akan kami pakai.”

Ada hal penting lain yang ingin ditekankan dalam musikalitas AmPm. Kepuasan bisa menemukan talenta baru langsung dirasakan sejak AmPm pertama didirikan di mana single pertama mereka, “Best Part of Us” yang menggamit Michael Kaneko mendapat respon bagus secara global. Semenjak itu, AmPm pun terus bereksplorasi mencari talenta baru untuk diajak berkolaborasi.

“Berada dalam posisi untuk memperkenalkan vokalis dan Produser, kami benar-benar ingin memperkenalkan mereka. Selain ingin melakukan sesuatu bersama mereka, kami pikir akan lebih baik jika artis dengan format seperti kami memperkenalkan para talenta baru itu,” terang AmPm melalui blog mereka di medium (https://ampm-tokyo.medium.com/ampm-starting-midium-self-introduction-and-reasons-for-starting-a77bba698dd).

Lantas, alasan kenapa Indonesia memiliki kesan mendalam bagi AmPm ?

Dalam perjalanan karier AmPm, Indonesia meninggalkan kesan mendalam. Dua bulan AmPm memulai debutnya di bulan Maret 2017,  mereka diundang untuk tampil di panggung Spotify Stage di Jakarta. Sebagai artis pendatang baru, AmPm mengaku tidak mempunyai ekspektasi apa pun.

“Kami berpikir tidak akan banyak yang tahu tentang lagu kami. Namun, saat tampil, penonton tidak hanya tahu tetapi mereka menyanyi bersama dengan antusias. Kami cukup terkejut akan respon tersebut. Benar-benar di luar dugaan. Penonton sangat welcoming dan energi penonton yang tinggi itu bisa kami rasakan di panggung.”

Kedekatan AmPm dengan penggemarnya di Indonesia juga sempat mengejutkan. Sebagai artis yang menggunakan topeng, beberapa penggemarnya sempat mengenali dan menyapa mereka di bandara saat akan Kembali ke Jepang.

“Kenang-kenangan lainnya adalah saat kami akan pulang ke Jepang, kami tidak menggunakan topeng di bandara. Tapi, ada beberapa orang yang bisa mengenali kami sebagai AmPm. Cukup mengejutkan ! Kami tidak tahu bagaimana mereka bisa mengetahui itu kami.”

Menariknya, dari  panggung Spotify Stage 2017 pula, AmPm berkenalan dengan Dipha Barus. Hubungan mereka berlanjut melalui media sosial dan akhirnya membuahkan satu kolaborasi manis di tahun 2021 ini. Dipha Barus me-remix lagu AmPm, “On The Black and White” (feat. Doul).

“Ada banyak produser di Industri musik dance. Esensi bermusik Dipha Barus, menurut kami, cenderung ke arah musik Eropa tetapi dari segi melodi, sangat khas Indonesia. Itu sebabnya kami menyukai Dipha Barus. Ia adalah salah artis yang kami hormati dan ini pertama kali lagu kami di-remix musisi lain. Adalah wajar jika kami akhirnya menawarkan padanya untuk me-remix “On The Black and White”. Kami tidak memberikan arahan apa pun dan membiarkan dia melakukan apa saja yang ia ingin lakukan. Hasilnya benar-benar di luar dugaan karena lagu garapannya yang tidak tipikal karya Oroduser Jepang. Hasilnya sangat unik. Kami berharap bisa berkolaborasi lagi, mengerjakan lagu orisinal di masa mendatang.”

[]Andriza Hamzah

Bahan tulisan & photo : Avex Entertainment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *