Goodlife

Glow &Lovely Bintang Beasiswa : Siapakah Yang Berkesempatan?

Diyakini dan percaya wanita  memiliki kesempatan sama untuk maju dan berkembang melalui pendidikan tinggi agar dapat berkontribusi lebih, termasuk di bidang yang masih kurang peran serta perempuan di dalamnya, Glow & Lovely turut berperan mewujudkan impian indah banyak wanita.  Melalui Glow & Lovely Bintang Beasiswa.

Program menawan yang dimulai sejak 2017, di tahun ke-enamnya – 2022 –, Glow & Lovely Bintang Beasiswa kembali membuka akses pendidikan tinggi kepada 60 wanita muda,  hampir dari seluruh wilayah Indonesia, serta menghadirkan program kelas pendampingan yang lebih intens guna melahirkan lulusan yang kompeten dan  siap bersaing.

Imelda Scherers, Senior Brand Manager Glow & Lovely di acara Glow & Lovely Bintang Beasiswa, perjalanan dan pencapaian selama 6 tahun, medio Februari 2022,  menjelaskan, ”Sejalan dengan strategi bisnis global ‘The Unilever Compass’, khususnya pilar Berkontribusi pada masyarakat yang lebih adil dan inklusif,  Unilever memiliki komitmen ‘Positive Beauty’ atau ‘Cantik yang Positif’ untuk mendorong kecantikan yang inklusif.”

Lanjutnya,”Percaya bahwa semua orang memiliki kesempatan yang sama, termasuk wanita. Sejalan dengan komitmen tersebut, Glow & Lovely Bintang Beasiswa kembali membuka kesempatan bagi 60 wanita muda yang terkendala finansial untuk meneruskan pendidikan tinggi sesuai dengan minatnya. Maka kami berharap program, ini dapat mendorong wanita  muda Indonesia memaksimalkan potensi mereka.”

Di tengah makin terbukanya peluang, namun masih terdapat sejumlah batasan yang menghalangii langkah wanita  menunjukkan kemampuannya, termasuk pada bidang yang belum banyak didominasi wanita. Seperti industri STEM (sains, teknologi, engineering dan matematika), di mana wanita  hanya mengisi 2 dari 10 pekerja profesional.

Tantangan ini juga makin terasa akibat pandemi. Survei Asia-Pacific Girls Report 2021 menyebutkan bahwa Indonesia mengalami penurunan dua peringkat dibandingkan 2019 pada indikator peluang keterlibatan perempuan di bidang ekonomi.

Di acara yang dipandu Nindy, kehadiran pembicara Amarilys Esti Wiyono, Head of Marketing Skin Care Catergory Unilever Indonesia, Yudi Anwar, Executive Director Hoshizora Foundation,  Tengku Alia Sandra, Head of Railway Engineering Department, PT MRT Jakarta, dan Azizah Rigma Arum Pawestri, lulusan Glow & Lovely Bintang Beasiswa 2017 dengan predikat Cumlaude dari S1 Arsitektur Universitas Gajah Mada asal Yogyakarta,  kian berdaya pikat.

Mira Nur Gandaniati,  sebagai pengusaha sukses di industri fesyen, menyampaikan, ”Dari pengalaman saya berbisnis sejak 2006, wanita mampu dan memiliki kecakapan untuk mengelola dan memimpin Perusahaan. Maka  janganlah ragu untuk ke luar dari comfort zone. Apalagi banyak studi yang menyimpulkan fungsi wanita sangat esensial, contohnya bagaimana pengusaha wanita berpotensi menaikkan PDB global hingga US$5 triliun. Oleh karenanya, wanita juga berhak memiliki keleluasaan bertumbuh, termasuk mencukupi kebutuhan pendidikan dan  menjalani masa depan sesuai kapasitasnya, di bidang apa pun.”

Lanjutnya, “Maka berbekal pendidikan itu penting dan utama  karena sangat menentukan dan menunjang dalam menjalani Perusahaan,  yang mempunyai isi dan misi yang baik dan jelas.”

Tanggapan tersebut disetujui oleh sosok waita inspiratif lain yang telah berkecimpung belasan tahun di Dunia industri railway, Tengku Alia Sandra, Head of Railway Engineering Department, PT MRT Jakarta. ”Tidak mudah menjalani profesi yang mayoritas digeluti pria, namun kehadiran wanita memberi sentuhan yang berbeda. Bagi saya kuncinya adalah keep your heads up, mau membuka diri, memanfaatkan peluang, dan selalu haus akan pengetahuan. Pendidikan menjadi pondasi dasar utama perkembangan karier saya, bahkan saya secara spesifik berkuliah lagi melalui jalur beasiswa di jurusan perkeretaapian untuk membuktikan bahwa saya layak, dan memiliki nilai lebih,” ujar Alia, sapaan akrabnya.

Menawan dari Glow & Lovely Bintang Beasiswa 2022, selain dukungan beasiswa, juga akan menghadirkan program kelas pendampingan secara lebih intens dengan materi yang bervariasi dan terkini selama empat tahun perkuliahan agar para penerima manfaat bisa memiliki bekal soft skill atau life skill yang mumpuni, terlebih di era yang kian dinamis dan kompetitif.

”Pada tahun ini kami membagi pendampingan menjadi dua, yaitu capacity building agenda berkala tahunan sejak 2017 sesuai kalender akademis, dan inspirational classes yang akan dilaksanakan lima kali dalam setahun dan bisa diikuti oleh Adik Bintang lintas angkatan. Dengan demikian Glow & Lovely Bintang Beasiswa akan memfasilitasi Adik Bintang (sebutan bagi penerima manfaat beasiswa) sebanyak enam kelas pendampingan sehingga diharapkan mereka juga dapat terus beradaptasi dan menjadi individu yang lebih tangguh,” papar Yudi Anwar, Executive Director Hoshizora Foundation.

Info lebih lengkap mengenai Glow & Lovely Bintang Beasiswa 2022 dapat diakses melalui www.KelasBerbagiCerah.com. Pendaftaran akan dibuka secara daring hingga 22 April 2022.

[]Andriza Hamzah

Photo : dok. Alchemy Communication

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *