Goodlife

“Beyond The Limit”, Pesona Karya Seni Milik Olivia

Ada keindahan tersendiri dan berujung  pesonanya menebar hingga menyentuh relung hati. Tak lepas dari  dengan kehadiran Buku “Beyond The Limit“, beriring  Pameran Lukisan dengan tema yang sama, yang  merupakan pencapaian karya dari  Teresa Olivia Purba, seorang anak berkebutuhan khusus (“Cerebral Palsy”).

Olivia, demikian panggilan akrab puteri bungsu dari dua bersaudara buah hati pasangan Daniel Purba dan Lisa Zen, kelahiran 20 April   2006 di Singapura, memang  layak diberi  apresiasi. Adik dari Abigail Purba  hadirkan karya-karya seni dengan memberi warna tersendiri yang sungguh memukau dan bermanfaat bahkan memberi inspirasi bagi orang lain.

Berhasil menuangkan potensi kreativitasnya dalam bentuk pemikiran-pemikiran yang filosofis dalam buku karyanya dan merefleksikannya dalam lukisan-lukisan karyanya, kiranya ada niat indah yang tersirat di benak Olivia..

Seperti yang disampaikan oleh kedua orangtua Olivia, Daniel Purba dan Lisa Zein di acara peluncuran Buku “Beyond The Limit” dan Pameran lukisan, 20 Mei 2-23, bertempat di Bartisserie @ Ashtha Mall, Jakarta Selatan, buku pertama dari yang ditulis oleh Olivia hadir, tak lepas diidukung dan dibantu facilitator.

“Dalam  membuat buku, ini dengan satu kerinduan, walau pun terbatas, namun  Olivia memiliki keinginan untuk  menjadi inspirasi dan berkat bagi orang lain melalui cerita kehidupannya. Serta   melalui apa yang bisa ia lakukan.  Maka harapannya melalui buku, ini kiranya bisa menjadi motivasi bagi siapa saja yang memiliki keterbatasan,” ujar Danieel Purba dan Lisa Zen. Lanjutnya, berjuang menembus keterbatasan tersebut menjadi lebih penting daripada meratapi atau pun menyerah atas segala situasi yang ada.

Tentu peran orangtua begitu penting. Bahwa kemampuan berjuang seorang Olivia,  ini juga tidak luput dari peran penting perjalanan iman kedua orang tuanya , mulai dari memutuskan untuk meneruskan kehamilan janin Olivia (yang telah diketahui tidak normal dari awal ) sampai melewati masa masa genting saat ia kecil dengan masalah kesehatannya dan pada saat saat dia bertumbuh.

Dalam Buku ini juga terlihat bagaimana besarnya penerimaan seluruh keluarga, yang ikut berkontribusi besar untuk perkembangan Olivia.  Ini sangat memberi dampak bagi diri Olivia sehingga ia mampu berkarya menghasilkan sesuatu yang bisa menjadi contoh dan semangat bagi para anak kebutuhan khusus lainnya.  Semua itu tercermin dari karya- karyanya berupa puisi, puisi lukisan lukisan, dan juga lagu.

Melalui buku ini Olivia juga ingin mengatakan bahwa dukungan eksternal untuk seorang anak berkebutuhan khusus , seperti dari suster pengasuh , dari guru-guru  dan sekolah sangat memegang peranan penting: Bagaimana suatu keterbatasan ditangan orang orang yang tepat bisa menjadi sesuatu yang luar biasa.

Tercatat tiga sosok yang juga berperan penting bagi Olivia dalam menggali keindahan dalam berkesenia : Janne Janetij, merupakan Terapis juga Guru Lukis,  dan Emmanuella Gracia Tupanno, Guru Musik.

Acara Peluncuran Buku,  diselenggarakan bersamaan dengan pembukaan pameran lukisan Olivia, “Beyond The Limit” dan ini merupakan bagian dari program Astha District 8 Senopati “Eccentric”Jakarta yang berlangsung dari      19 Mei sampai dengan 18 Juni 2023.

[]Andriza Hamzah

Photo : Stylish=One

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *