Health

Rumah Rapi, Stress Hilang

Jakarta, 20 Maret 2018 – Tumpukan pernak-pernik di laci, pakaian yang digantung di belakang pintu, atau tas yang lebih dari satu di pojok ruang, mungkin saja yaitu pemandangan yang seringkali kita temui dirumah.

Senantiasa ada rasa sayang serta takut untuk kurangi jumlah barang yang kita taruh dirumah. Walau sebenarnya, sebenarnya kita seringkali bingung ingin disimpan dimana sekali lagi pakaian, buku, atau hiasan tempat tinggal, yang senantiasa kita beli. Beberapa pakar psikologi mengungkap, beberapa barang yang menumpuk itu sesungguhnya mungkin saja sumber stres kita yang seringkali tidak diakui.

“Bila tempat tinggal, mobil, atau meja kerja kita, seringkali tampak penuh serta berantakan, kita juga akan terasa kerepotan serta terbebani,” kata psikolog Sherry Benton PhD.

Demikian sebaliknya, saat ruang merasa lega serta rapi, kita juga juga akan terasa tenang. Riset th. 2009 yang dimuat dalam The Personality and Social Psychology Bulletin tunjukkan, wanita yang melukiskan keadaan tempat tinggalnya berantakan relatif lebih gampang depresi.

Sesungguhnya ini tidak mengagetkan, karna banyak riset mengkaitkan pada tempat tinggal yang rapi dengan rutinitas sehat pemiliknya. Yang memiliki tempat tinggal yang rapi relatif seringkali bergerak aktif atau makan sehat. Menurut Benton, keadaan fikiran kita serta ruang dirumah nyatanya sama-sama berkaitan.

“Saat seorang terasa cemas, depresi, atau kuatir, susah baginya untuk konsentrasi mengatur satu ruang. Jadi, rutinitas menumpuk barang sering adalah tanda dari masalah mental,” tuturnya.

Hasrat membereskan ruang sangat berkaitan dengan mood, kadang-kadang orang terasa ada sisi yang perlu diprioritaskan di banding yang beda. Umpamanya, ada yang terasa lebih sukai bila koleksi bukunya teratur rapi di rack sesuai sama abjad. Ada pula yang terasa sisi dapur yaitu sisi yang harus senantiasa rapi, dan sebagainya.

Itu penyebabnya, menurut Benton, bila kita terasa bingung mesti mulai dari tempat mana membereskan tempat tinggal, pastikan sisi tempat tinggal yang paling punya pengaruh pada mood. Tak tahu itu kamar tidur, kamar mandi, atau meja kerja.

Sisihkan saat untuk membereskan ruang itu dengan teratur. Awalilah dengan memisah mana barang yang juga akan disimpan serta mana yang dapat dibuang atau beri pada yang lebih memerlukan. Sesudah satu ruang itu senantiasa terbangun kerapihannya, Anda dapat berubah ke ruang beda. Anda dapat juga melindungi kerapihannya dengan senantiasa berfikir 2 x sebelumnya beli barang atau cuma beli barang bila yang lama telah betul-betul habis. (Sumber: Kompas.com)

Anggit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *