Celeb

‘Sumur Tanpa Dasar’ : Kelas Akting Yang Berpesona

18 Oktober 2018 @Taman Ismail Marzuki – Jakarta

Merupakan bentuk apresiasi terhadap karya seniman besar Indonesia, Arifin C Noer, sekaligus berkesinambungan berperan aktif dalam  melestarikan seni teater Indonesia,   Yayasan Titimangsa Foundation Pimpinan seniman wanita Happy Salma, menggelar Resital Kelas Akting, Pementasan Teater ‘Sumur Tanpa Dasar’.

Sebagai yayasan nirlaba yang bergerak di bidang budaya dan secara konsisten mendukung perkembangan seni teater melalui berbagai pementasan teater yang telah sukses digelar, kali ini — kembali — Titimangsa Foundation,   memperlihatkan kontribusi nyata dalam merangkul minat masyarakat dalam berkesenian khususnya teater dengan membuka kelas akting.

Teater ‘Sumur Tanpa Dasar’ yang digelar dalam dua kali pertunjukan yaitu pukul 16.30 WIB dan pukul 20.00 WIB karya Arifin C Noer ini menjadi wadah pembuktian kemampuan berakting dari peserta kelas yang telah berlatih serius sejak awal kelas dibuka, sekaligus mempersiapkan insan teater yang berkualitas.

Kelas Akting Titimangsa yang menggunakan metode pengajaran Stanislavski yaitu teknik yang akan menjembatani antara emosi dan peran, dan dibuka untuk umum   sejak tanggal 7 Juli hingga 16 September 2018, ini   telah diikuti oleh 17 peserta.

Demikian dituturkan Happy Salma, Pimpinan Yayasan Titimangsa Foundation.

Happy Salma lebih lanjut mengatakan,”Maka bila saya sangat antusias dan bersemangat dapat mempersembahkan satu lagi pentas teater, karena memiliki tantangan. Yaitu,  pentas ini merupakan hasil dari kelas akting Titimangsa yang  pesertanya bukanlah pekerja teater  tetapi seluruh peserta terlihat sangat mencintai dunia teater dan ingin belajar dan terlibat pada seni teater. Hal ini membuat saya kagum,” ujar Happy Salma, pimpinan Yayasan Titimangsa.

Happy Salma menambahkan,”Pentas ‘Sumur Tanpa Dasar’ ini tentunya menjadi ajang pembuktian kemampuan berteater dari seluruh peserta kelas teater Titimangsa yang harapannya dapat menelurkan insan teater yang berkualitas dan semakin menggerakkan seni teater di Indonesia”.

Tak jauh berbeda dengan apa yang disampaikan oleh Iswadi Pratama, Sutradara Pementasan ‘Sumur Tanpa Dasar’ dan Pengajar Kelas Akting Titimangsa.

”Saya merasa tertantang ketika diminta Happy Salma untuk mengajar kelas akting Titimangsa dengan peserta yang bukan pekerja seni teater. Meskipun mengajar menjadi lebih ekstra namun saya puas karena seluruh peserta terlihat selalu serius menerima pengarahan teater. Kelas teater ini pun dibuka tak semata-mata untuk mencari atau menelurkan insan teater saja, tetapi juga dapat menjadi alternatif solusi untuk belajar mengkontrol emosi dan perasaan, yang rasanya banyak diperlukan oleh masyarakat modern saat ini, sekaligus semakin mencintai seni teater Indonesia”,

‘Sumur Tanpa Dasar’, pagelaran  resital teater semi dramatic reading yang diprakarsai oleh Titimangsa Foundation, besutan Sutradara  Iswadi Pratama (sebelumnya ia telah menyutradari berbagai pementasan teater seperti; ‘Monolog Perempuan di Titik Nol’, dan ‘Buried Child’),  Produser Happy Salma, dan  Pimpinan Produksi Pradetya Novitri,  di dukung oleh orang-orang yang berdedikasi di bidangnya.

Tercatat di antaranya  para peserta yang terlibat  : Addri Basuki, A Rizma Bustanil Arifin, Aimee Janice J, Aisha Nurra Datau, Dea Safira Basori, Engel Tanzil, Harfei Aulia Rachman, Iver, Jessy, Laras Sardi, Merdi Sihombing, Myrna Paramita, Prita Miranti, Sarah N. Putri, Syahan Yulizar, Widi Mulia dan Widika Sidmore.

Anisa Syaini

Foto : EPR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *