Fashion & Grooming

Pesona Balutan Busana Kain Tenun & Bordir

Bisa dibayangkan bagaimana mendebarkannya. Sebuah  kolaborasi  antara Fashion Designer dan Fashion Enthusiast yang menghadirkan busana Tenun & Bordir, dari hasil kerajinan tangan khas  Indonesia menembus level  Internasional.

Karena itu, potensi Indonesia – dengan menggunakan bahan Tenun dan Bordir — dalam industri fashion dunia jelas bukan sesuatu yang dapat disepelekan.

Tengoklah. Telah begitu banyak fashion designer yang berjaya secara global, melalui karyanya yang selalu menghias wajah-wajah populer Dunia. Maka, ketika berbicara mengenai tren fashion di Indonesia, tentunya sulit terlepas dari nama-nama perancang busana dan juga peristiwa yang terjadi pada masa perkembangan tren fashion di Tanah Air.

Fashion atau mode semakin hari menjadi industri yang menguntungkan di Dunia Internasional. Seiring, di setiap tahun terlihat begitu  banyak bermunculan nama desainer-desainer baru dan juga rumah mode yang menembus di Dunia.

Untuk menghantarkan karya busana yang mengangkat kerajinan tangan Indonesia, seperti Tenun dan Bordir yang dikemas dalam balutan desain dan detail yang unik dan memiliki ciri khas tersendiri dalam setiap koleksinya, ini jugalah yang mendasari dua desainer wanita Indonesia berkolaborasi.

Tepatnya di tahun 2018 lalu, Elga Naldy, seorang fashion designer   yang telah berkarya lebih dari 10 tahun dunia fashion Tanah Air dan memiliki brand Internasional hingga  Mumbai, India dengan label ‘Elga Hariani’,  bersama rekannya, seorang Fashion Enthusiast, Rina Saud,  meluncurkan brand fashion  bernama ‘ElgaandRina’.

Hasil karya dari kolaborasi dua desainer menawan  yang mengusung konsep ‘Where Embroidery Meets Fashion’,  ini lantas di perkenalkan untuk pasar Tanah Air, melalui acara fashion show yang berlangsung  di Plataran Menteng, Jakarta, pada 2 Mei 2019, di hadapan penikmat dan pemakai busana dari bahan  Tenun dan Bordir.

Melalui  brand ‘ElgaandRina’, kedua fashion designer, ini  tak sebatas menyasar pasar dalam Negeri, tapi  juga tengah mempersiapkan karya dan produk untuk dipasarkan di industri fashion Amerika seperti New  York dan Los Angeles, yang diperkirakan koleksinya akan dirilis pada tahun 2020 mendatang.

“Indonesia memiliki berbagai macam kain tenun yang merupakan warisan leluhur dan  memang menjadi salah satu wujud kebudayaan Indonesia. Kekayaan kerajinan tangan khas inilah yang menggelitik saya untuk berkreasi menghasilkan sebuah desain yang cantik dan elegan. Dengan mengangkat konsep menggabungkan tenun dan bordir ini pula, kami merasa turut melestarikan kerajinan tangan Indonesia serta turut meningkatkan kehidupan para pengrajinnya, sehingga kerajinan tenun dan bordir tidak punah,” tutur    Elga Naldy di sela acara fashion show yang kian memukau dengan penampilan penyanyi Nicky Astria yang melantunkan lagu melalui suara indahnya.

Rina Saud juga menyampaikan hal senada,”Melalui brand ‘ElgaandRina’, kami memiliki tujuan untuk melestarikan budaya lokal serta membantu dan meningkatkan perekonomian penenun dan pembordir yang mayoritas adalah wanita. Hal ini tentunya dapat mengangkat derajat kaum wanita  untuk lebih mandiri.”

 

[]Andriza Hamzah

Photo : Dok. ePR

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *