Health

Arti Pentingnya Dari Sikat Gigi Malam ………………

Begitu pentingnya  arti  kesehatan gigi dan mulut. Untuk itu, sikat gigi  yang tepat yaitu pagi harii setelah sarapan dan sebelum tidur sudah seharusnya  dimulai dari,  dan ditanamkan pada Anak usia kanak.

Dengan memiliki gigi  dan mulut yang sehat, niscaya  memperlancar manfaat kebaikan, berujung lancar mencapai keberhasilan dalam bidang pekerjaan dan kehidupan pribadi.

Namun ada  sebuah fafkta yang  cukup memprihatinkan. Sebuah Survei Global   Survei global yang dilakukan Unilever bekerjasama dengan King’s College London (Universitas ternama di Inggeris yang memiliki Fakultas Kedokteran Gigi terbaik di Dunia),  dengan melibatkan 5.000 anak dan orangtua di seluruh Dunia, termasuk di Indonesia, (dengan 506 Anak sebagai populasi sampel), terlihat bahwa di antara Anak-Anak yang memiliki kondisi kesehatan gigi dan mulut yang kurang baik, ternyata 34%-nya belum membiasakan diri untuk sikat gigi di malam hari.

Ini artinya, mereka belum menjadikan kebiasaan melakukan sikat gigi ini sebagai prioritas atau pun bagian dari rutinitas sebelum tidur.

Berangkat dari sanalah jua, Pepsodent, brand perawatan kesehatan gigi dan mulut produksi PT Unilever Indonesia, Tbk. bekerjasama dengan FDI World Dental Federation dan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) kembali memperingati Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia 2020.

Dalam kesempatan ini, Pepsodent mengangkat hasil survei yang dilakukan di 8 Negara mengenai pentingnya menanamkan kebiasaan menyikat gigi pada malam hari, yang merupakan sebuah kebiasaan penting yang ternyata masih sering dilewatkan oleh Anak-Anak maupun Orangtua mereka.

Drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc., selaku Head of Sustainable Living Unilever Indonesia Foundation dalam konferensi pers online yang berlangsung pada hari Jumat, 20 Maret 2020, menyampaikan, “Percaya bahwa ‘Setiap Senyuman Begitu Berarti’, Pepsodent berkomitmen untuk menciptakan senyum sehat keluarga Indonesia – khususnya Anak-Anak – melalui rangkaian program sekolah yang melibatkan dokter gigi,  guru, dokter kecil dan sejumlah LSM terkait. Program ini terus mempromosikan perilaku hidup bersih sehat termasuk diantaranya menyikat gigi pada waktu yang tepat, yaitu pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur, serta menyediakan pemeriksaan gigi gratis.”

Terkait edukasi, Dr. drg. R. M. Sri Hananto Seno, Sp.BM (K)., MM selaku Ketua Pengurus Besar PDGI menjelaskan, “Menyikat gigi pada pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur dapat menekan kerusakan gigi hingga 80% pada Anak-Anak, dibandingkan dengan hanya menyikat gigi satu kali sehari. Menyikat gigi di malam hari sangatlah penting karena mulut Anak-Anak menghasilkan lebih sedikit air liur ketika mereka tidur. Dalam kondisi ini, kuman dan bakteri memiliki lingkungan yang sempurna untuk berkembang lebih cepat, dan mengubah sisa makanan menjadi asam,   dan akhirnya menyebabkan gigi berlubang.”

Disinilah, Orangtua memiliki peranan sangat penting untuk menanamkan kebiasaan menyikat gigi di malam hari. Namun, survei global Unilever memperlihatkan bahwa 24% Orangtua di Indonesia membiarkan anaknya tidur sebelum menyikat gigi. Bahkan 21% Orangtua menjadikan kebiasaan negatif ini sebagai reward untuk anak mereka.

Diperlukan komitmen kuat dari Orangtua untuk menciptakan suasana yang menyenangkan agar Anak tidak merasa jenuh atau terpaksa untuk menyikat gigi sebelum tidur.

Sebagai alat bantu, Pepsodent akan meluncurkan “Petualangan Mama Sigi & Pepo”, sebuah serial e-book yang menarik bagi anak-anak dan Orangtua untuk mendorong rutinitas tidur yang positif. E-book ini berisi rangkaian cerita petualangan yang menyertakan kegiatan menyikat gigi sebelum tidur sehingga Anak-Anak bisa beristirahat dengan nyaman dan keesokannya percaya diri menghadapi hari yang baru. Dalam waktu dekat, e-book ini bisa didapatkan di www.tanyapepsodent.com.

[]Anisa Syaini

Photo : Dok. Alchemy Creative Communications

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *