News Hitz

156 KK Menikmat Sarana Air Bersih

Pandemik Covid-19 tengah menjadi sorotan di seluruh penjuru Dunia, Pemerintah Indonesia telah menginstruksikan agar seluruh masyarakat mendukung upaya pencegahan sebaran virus, salah satunya dengan tetap berada di rumah dan menjaga kesehatan serta kebersihan.

SCG, merupakan salah satu pemimpin bisnis terkemuka di kawasan ASEAN,  melalui anak perusahaannya, PT Semen Jawa dan PT Tambang Sukabumi, mendukung imbauan Pemerintah dengan kontribusinya pada masyarakat Sukabumi melalui pembangunan sarana air bersih di Kampung Tanjungsari, Desa Sirnaresmi.

Tepatnya,  mulai  dipenghujung bulan Maret 2020 lalu,  dan seterusnya, dengan rampungnya pembangunan sarana air bersih,   156 Kepala Keluarga yang tersebar di 3 RT di Kampung Tanjungsari, Desa Sirnaresmi, maka tak perlu lagi ke luar rumah untuk menuju sumber air. Karena, pipa-pipa telah dipasang untuk mengalirkan air langsung ke rumah warga. Selain itu, dibangun pula torrent untuk menjaga cadangan air.

Sebelumnya, kemudahan akses serta ketersediaan air bersih menjadi kendala yang dihadapi warga dalam menjalankan gaya hidup bersih dan sehat.

“Pembangunan sarana air bersih ini merupakan salah satu upaya SCG untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, melalui kegiatan Bina Lingkungan atau BiLik Semen Jawa. BiLik Semen Jawa sejak tahun 2017 memberikan kesempatan bagi seluruh karyawan untuk berkontribusi dan terlibat langsung menjaga lingkungan sekitar dengan membawa semangat “Passion for Better Society”, jelas Somchai Dumrongsil, President Director of PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi.

Bukan hanya pipanisasi ke rumah warga, pembangunan sarana air bersih juga dilakukan dengan memasang atap dan dinding di sekeliling sumber air sehingga sumber air terhindar dari hujan dan kotoran. Seluruh karyawan beserta masyarakat bersemangat dan bahu membahu dalam penyelesaian pembangunan sarana air bersih.

“Bagi warga kami, kemudahan akses serta ketersediaan air bersih menjadi salah satu kendala dalam mewujudkan gaya hidup sehat seperti yang diinstruksikan Pemerintah. Kini dengan telah adanya sistem pipanisasi air bersih ke rumah warga tentu akan memudahkan masyarakat Kampung Tanjungsari untuk mengakses air bersih tanpa harus keluar rumah, sehingga kemungkinan paparan terhadap COVID-19 dapat diminimalisir,” ungkap Dedi Setiadi, SKM., Kepala Puskesmas Gunungguruh.

Program BiLik Semen Jawa ini menjadi salah satu implementasi filosofi SCG people yakni, kepedulian terhadap tanggung jawab sosial. Seluruh karyawan SCG dimana pun beroperasi perlu menanamkan rasa kepedulian yang tinggi selama menjadi bagian dari SCG. Selanjutnya, program BiLik ini akan berlanjut di Desa lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat sekitar sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup di masyarakat Sukabumi.

[]Chiky

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *