Goodlife

Bermainlah dengan Anak, Dan Bukan Bermain-Main

Salah satu kunci kesuksesan dalam mendidik anak, terlebih  pada masa anak menghadapi masa remaja, adalah komunikasi lancar.

Maka ketika komunikasi orang tua dengan anak tidak maksimal atau yang terjadi buntu, maka anak atau remaja tadi mencari orang atau komunitas yang mau dan mampu menampung kegelisahan dirinya yang sudah merasakan guncangan psikologi menuju masa kedewasaan. 

Kiranya dan terbilang, salah satu sarana komunikasi dengan anak adalah melalui permainan.

Permainan yang sederhana sekali pun jika dibangun sinergi yang bagus antara orangtua dan murid maka permainan itu akan menjadi sarana yang efektif untuk sarana saling curhat, saling berbagi, atau saling memberi saran dan masukan antar keduanya.

Dari konsep di atas, tidaklah salah jika SIBS (Sabilillah Islamic Boarding School), Sukodadi Lamongan mengadakan kegiatan parenting skill yang menghadirkan pembicara dari salah satu lembaga psikologi di Lamongan, yaitu Drs Supriyanto Helmy Tanjung, M. Psi., M. Pd. Dalam paparannya dijelaskan  tentang konsep kedewasaan dan bagaimana memaksimalkan kedewasaan itu dalam realitas kehidupan, baik di rumah, di pondok pesantren (sekolah) dan di masyarakat. 

Acara parenting skill itu sendiri dihelat setengah hari pada (24/1/23), di aula pondok pesantren SIBS sendiri  yang nyaman dan representatif. Teman parenting,  ini adalah “Bermainlah dengan anakmu tetapi jangan pernah bermain-main dengan anakmu”.

Pada akhir materi, pembicara mengadakan permainan edukatif dengan judul “Who Am I”, ” Kapal Penyelamat”, dan “Kami Keluarga Berbagi”. Sehabis acara, lalu dipilih keluarga yang menjadi juara dalam segala permainan yang dijalankan. 

[]Helmy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *