Health

Ibadah Puasa #DiRumahAja, Bersama Menu & Camilan Sehat

Bulan suci Ramadhan  merupakan bulan penuh keberkahan, ampunan serta kasih sayang dari Allah SWT. Dan selama bulan suci Ramadhan, kembali umat Muslim di seluruh Dunia menunaikan ibadah puasa.

Di tahun, ini saat seluruh Dunia termasuk Indonesia, sedang dilanda pandemi virus Covid-19 sehingga kita semua dianjurkan untuk menerapkan social distancing dan tetap #DiRumahAja guna membantu meratakan kurva penyebaran virus Corona, bagi banyak orang, bulan Ramadhan terasa sangat berbeda. 

Tak pelak,  acara Bukber (Buka bersama) dengan sanak saudara, rekan atau sahabat,  yang merupakan salah satu tradisi yang biasanya dilakukan di bulan Ramadan, terhalang.

Begitu pun, dengan berkurangnya kegiatan Bukber di luar rumah, kita bisa mengatur hidangan puasa  dengan makanan yang lezat namun tetap bergizi tinggi. Selama #DiRumahAja, salah satu hal baru yang bisa kita lakukan adalah mencoba resep-resep masakan yang sebelumnya belum pernah kita coba, seperti resep makanan yang menggunakan yogurt sebagai bahannya.

Karena saat berpuasa, tentulah sangat penting untuk tetap menjaga asupan gizi yang dikonsumsi pada saat sahur dan buka puasa agar tetap fit dan kuat dalam menjalankan ibadah puasa.

Demikian dikatakan oleh Emilia Achmadi, MS., RDN, Ahli gizi dan Direktur MesaAcademy.

Emilia Achmadi  menambahkan, untuk memenuhi asupan gizi harian agar bisa tetap fit dan memiliki daya tahan tubuh yang kuat selama bulan puasa, berikut tips : Pertama, minumlah dua gelas susu setiap hari; segelas susu saat sahur dan segelas susu setelah berbuka puasa. Susu mengandung kalsium, protein, dan berbagai vitamin yang baik untuk tubuh kita.

Kedua, coba untuk memilih camilan yang lebih sehat  dan bernutrisi seperti buah-buahan, yogurt dan keju yang bermanfaat untuk kesehatan, saat berbuka puasa dan sebelum tidur.

Menjatuhkan pilihan pada yogurt, adalah produk olahan susu yang telah difermentasi sehingga laktosa diubah menjadi asam laktat (lactic acid). Lebih dari itu, yogurt memiliki kandungan-kandungan yang bermanfaat untuk tubuh kita,  membantu memperkuat tulang dan gigi Vitamin B6 dan B12, riboflavin, kalium, kalsium dan magnesium yang baik untuk tubuh.

Yogurt adalah pilihan camilan yang lezat, segar, dan bergizi. Selain dinikmati sebagai camilan, yogurt juga bisa digunakan sebagai bahan masakan. Selama #DiRumahAja, saya sudah mencoba membuat berbagai hidangan menggunakan yogurt, mulai dari appetizer (hidangan pembuka), main course (hidangan utama), dessert dan snack.

[]Andriza Hamzah

Photo : Dok. Greenfields

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *